BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

Tuesday, January 11, 2011

JEJARING SOSIAL CARA UNTUK MEMBANGUN HUBUNGAN PEMASARAN

Perkembangan teknologi komunikasi baik di Indonesia maupun dalam lingkup Global telah berkembang pesat. Dari media cetak hingga audio visual, dari teknologi analog hingga digital juga perkembangan internet. Perkembangan teknologi komunikasi sangat mempengaruhi perkembangan dunia bisnis terutama di bidang marketing yang identik dengan berhubungan dengan orang lain atau dalam konteks pemasaran adalah konsumen.
Marketing sendiri adalah seperti suatu sistem yang dimulai dari tujuan apa yang akan direncanakan, menciptakannya, menentukan harga, mempromosikannya dan mendistribusikan barang atau jasa tersebut untuk menciptakan dan menjaga hubungan yang dapat memuaskan kebutuhan dan keinginan pembeli aktual maupun potensial.
Namun marketing telah mengalami perubahan paradigma. Marketing telah melalui beberapa tahapan era, Mulai dari Era produksi yang hanya menekankan pada penjualan dan orientasi pada produk. Lalu pada era penjualan pada tahapan ini produksi masal yang sudah banyak dilakukan menimbulkan persaingan dalam penyerapan produk ke pasar, sehingga perlu langkah-langkah khusus untuk memungkinkan pengetahuan publik bahwa hasil produksinya memiliki keunggulan atau manfaat lebih sehingga diminati dan menjadi pilihan. Kemudian era Marketing yang mulai terorientasi terhadap konsumen yaitu melakukan identifikasi terhadap kebutuhan pelanggan sebelum melakukan produksi itu sendiri. Dengan mengidentifikasi kebutuhan pelanggan diharapkan pelanggan dapat dipuaskan dan kepuasan konsumen dianggap kunci terhadap keberhasilan perusahaan, orientasi ini disebut juga orientasi pemasaran berpusat pada pelanggan Dan hingga saat ini pada era relationship yang mementingkan hubungan baik dengan konsumen maupun supplier untuk jangka panjang.
Adanya relationship yang baik terbukti penting dalam memajukan perusahaan dan sebagai nilai tambahan untuk bertahan dari serangan kompetitor. Penjalinan relationship dimulai dari mengkomunikasikan pesan pemasaran dengan baik. Adapun cara yang dilakukan yaitu salahsatunya dengan menciptakan jejaring social.
Situs jejaring sosial merupakan situs yang mengikat para penggunanya untuk dapat saling berinteraksi dan menciptakan komunitas yang luas diantaranya melalui nilai-nilai berupa kesamaan hobi, pandangan politik, dan aspek lain.
Dengan Jejaring sosial maka memungkinkan pemilik bisnis mendapatkan publikasi tanpa biaya. Memungkinkan bisnisnya jauh lebih mudah diakses dari hanya sekadar memiliki situs sendiri. Pemilik dapat menggunakan situs jejaring sosial ini untuk berbagai hal misalnya untuk membangun reputasi, memperkenalkan merek bisnis dan meningkatkan merek yang ada karena semakin dikenal banyak orang. Potensi pemasaran dengan jejaring sosial ini sangat luar biasa. Apalagi situs jejaring sosial begitu banyak diminati. Ini dikarenakan para pengguna bisa melakukan interaksi secara langsung tanpa harus bertatapan muka dari berbagai kalangan individu. Lewat jejaring social kita bisa membangun jaringan perkawanan atau relasi bisnis dengan banyak orang dari berbagai belahan dunia. Selain itu komunikasi yang terjadi yaitu komunikasi dua arah sehingga memungkinkan pelanggan dapat mengetahui informasi yang diinginkan. Mereka dapat pula berkonsultasi sebelum memutuskan untuk memilih, khususnya dalam membeli sebuah produk.
Untuk membangun merek dan meningkatkan dan mempertahankan jumlah pelanggan, pebisnis perlu selalu memberikan informasi terbaru (me

0 comments: